RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VII
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas VII
Disusun Oleh:
DEWI PATIMAH
(210309163)
Dosen Pengampu:
PRYLA
RAHMAWATI
TB.E/VI
Pendidikan Agama Islam (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NEGERI
(STAIN) PONOROGO
2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran :
FIQIH
Kelas/Semester :
VIII / 1 (satu)
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Memahami hukum islam
tentang makanan dan minuman
KOMPETENSI
DASAR : 1.1. Menjelaskan
jenis-jenis makanan dan minuman halal
INDIKATOR : 1.1.1.
Menjelaskan pengertian makanan halal
1.1.2.
Menjelaskan pengertian minuman halal
1.1.3. Menyebutkan jenis-jenis makanan halal
1.1.4. Menyebutkan jenis-jenis minuman halal
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
A.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa-siswi mampu menjelaskan
pengertian makanan halal dengan tepat dan benar
B.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan siswa-siswi mampu
menjelaskan pengertian minuman halal dengan
tepat dan benar
C.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mampu menyebutkan jenis-jenis
makanan halal dengan tepat dan benar
D.
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran mampu menyebutkan jenis-jenis minuman halal dengan tepat dan benar
II.
MATERI
A.
Pengertian makanan halal
B.
Pengertian minuman halal
C.
Jenis-jenis makanan halal
D.
Jenis-jenis minuman halal
III.
METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN
A.
Metode
1.
Tanya jawab
2.
Ceramah
B.
Strategi Pembelajaran
1.
Inquiring minds want to know
2.
Information search
3.
Card short
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/bahan/ alat
|
3 menit
|
·
Salam dan doa
|
· Ceramah
· Tanya jawab
|
·
Absensi
·
Bolpoin
|
2 menit
|
·
Absensi
|
||
5 menit
|
·
Apersepsi
G : “Anak-anak siapa yang suka makan tahu dan minum susu?”
M : “Saya, Bu…”
G : “Bagaimana rasanya?”
M : “Enak, Bu…”
G : “Tepat sekali. Tahu dan susu enak dan bergizi. Apakah ada
yang tahu bagaimana hukum makanan dan minuman tersebut?”
M : “Tahu, Bu.. Termasuk makanan dan minuman yang halal”
G : “Iya, tepat sekali. Baiklah anak-anak hari ini kita akan
belajar tentang makanan dan minuman yang halal”
|
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/bahan/ alat
|
|
2
menit
|
·
Guru membuat pertanyaan terkait dengan pengertian makanan dan
minuman
|
· Inquiring
minds want to know
|
·
LKS
·
Buku paket Fiqih Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII, (Semarang: PT.
Karya Toha Putra, 1995), 7-10
·
Bolpoin
·
Hand out
·
Papan tulis
·
Kertas kosong
|
|
5
menit
|
·
Siswa memberi jawaban
|
|
||
10
menit
3
menit
|
·
Guru menampung jawaban yang kemudian dijadikan sebagai jembatan
apa yang akan disampaikan
|
|
||
·
Guru membuat pertanyaan yang dapat dijawab siswa tentang
jenis-jenis makanan dan minuman yang halal
|
· Information
search
|
|||
2
menit
5
menit
3
menit
|
· Guru menunjuk
beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan tentang jenis-jenis makanan dan
minuman yang halal
· Guru meminta
siswa untuk menjawab secara individual
·
Guru memberi komentar atas jawaban yang diberikan siswa tentang
jenis-jenis makanan dan minuman yang halal
|
|||
|
||||
|
||||
10
menit
|
·
Guru mengembangkan jawaban yang diberikan siswa
|
|
||
3
menit
|
·
Guru membagikan potongan kertas kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan tentang menyebutkan salah satu jenis makanan dan minuman halal
|
· Card short
|
||
5
menit
|
·
Siswa menjawab pertanyaan tersebut
|
|
|
|
5
menit
7
menit
|
·
Siswa/ siswi menempelkan jawaban mereka di papan tulis
·
Guru dan siswa bersama-sama mengoreksi jawaban di papan tulis
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/bahan/ alat
|
3
menit
|
·
Refleksi
Guru bersama
dengan siswa melakukan refleksi (pengulangan) dan penguatan materi yang dipelajari
dari awal dengan menunjuk salah satu siswa untuk kembali menjelaskan
pengertian makanan dan minuman halal, serta jenis-jenisnya
|
·
Tanya jawab
|
|
5 menit
|
·
Penilaian
Guru
memberikan soal dan lembar jawaban untuk dikerjakan secara individu
|
|
·
Lembar soal evaluasi
·
LKS
|
1
menit
1
menit
|
·
RTL
Guru
memberikan pekerjaan rumah pada siswa
LKS halaman 20-28
·
Doa dan salam
|
|
|
|
|
V.
SUMBER/BAHAN ALAT/KEBUTUHAN
A.
Sumber
1.
Buku paket Fiqih Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII, Semarang: PT.
Karya Toha Putra, 1995
2.
LKS
B.
Bahan Alat
1.
Bolpoin
2.
Kertas
3.
Hand out
4.
Papan tulis
VI.
PENILAIAN
A.
Tes tulis : Uraian
Objektif
LAMPIRAN
·
Lembar Analisis KKM setiap indikator
·
Lembar instrument penilaian tes tulis : Utaian Objektif
·
Lembar Hand Out Materi
Ponorogo,
2 Mei 2012
Dosen Pembina Ttd
Pryla Rahmawati Dewi
Patimah
LAMPIRAN 1
LEMBAR ANALISIS
INDIKATOR UNTUK PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) DAN PENELITIAN
NAMA SEKOLAH : MTs MA’ARIF PONOROGO
MATA PELAJARAN : FIQIH
KELAS /
SEMESTER : VIII / 1 (satu)
ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit
STANDART KOMPETENSI : 1. Memahami hukum islam tentang
makanan dan minuman
KOMPETENSI
DASAR : 1.1. Menjelaskan
jenis-jenis makanan dan minuman halal KKM :
74
NOMOR INDIKATOR
|
ASPEK
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
PENILAIAN
|
SEBARAN SOAL UJIAN
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
|||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Rata-Rata
KKM
|
||||
1.
1. 1
|
Kognitif
|
80
|
70
|
75
|
75
|
Tes Tulis: Benar Salah
|
1
|
1.
1. 2
|
Kognitif
|
80
|
70
|
70
|
73
|
Tes Tulis: Benar Salah
|
2
|
1.
1. 3
|
Kognitif
|
75
|
70
|
75
|
73
|
Tes Tulis: Benar Salah
|
3
|
1.
1. 4
|
Kognitif
|
75
|
70
|
80
|
75
|
Tes Tulis: Benar Salah
|
4
|
Rata-Rata Nilai KKM dari Semua Indikator
|
74
|
|
Mengetahui
Ponorogo,
2 Mei 2012
Kepala
Madrasah Anggota
MGMP
__________________ Dewi
patimah
LAMPIRAN 2
Lembar Soal Tes Tulis : Uraian Objektif
Lingkarilah B
apabila jawaban benar dan lingkarilah S apabila jawaban salah!
1.
Makanan halal adalah makanan semua makanan yang halal karena
dzatnya, karena memperolehnya, dank arena proses atau cara pengolahannya. (
B – S )
2.
Minuman halal adalah jenis minuman yang sehat tapi terkena najis. (
B – S )
3.
Macam-macam makanan halal adalah tempe, tahu, jeruk dan apel. (
B – S )
4.
Macam-macam minuman halal adalah susu, air, kelapa, kamr, dan
wisky. ( B – S )
Kunci Jawaban Soal Tes Tulis : Uraian Objektif
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
4
|
B
S
B
S
|
2
2
2
2
|
Jumlah
|
8
|
Instrument
Penilaian Tes Tulis : Benar – Salah
N = Skor Perolehan x
100
Skor Maksimal
|
Contoh:
Afika dalam tes tulis mendapatkan nilai 6, maka penilaiannya
adalah…
N = Skor Perolehan x 100
Skor
Maksimal
N = 6 x
100
8
N = 75
Jadi
dikarenakan nilai KKm semua indicator adalah 74 dan nilai perolehan siswa adalah
75, maka keterangannya adalah TUNTAS
Komentar
Posting Komentar