RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VII
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas VII

Disusun Oleh:
DEWI PATIMAH
(210309163)
Dosen Pengampu:
PRYLA
RAHMAWATI
TB.E/VI
Pendidikan Agama Islam (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NEGERI
(STAIN) PONOROG
O

2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Mata Pelajaran :
FIQIH
Kelas/Semester :
VIII / II
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Makanan dan minuman
yang halal dan haram
KOMPETENSI
DASAR : 1.1. Makanan yang haram
INDIKATOR : 1.1.1.
Menjelaskan pengertian makanan haram
1.1.2.
Menyebutkan jenis-jenis makanan haram
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
A.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa-siswi mampu menjelaskan
pengertian makanan haram dengan tepat dan benar
B.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mampu menyebutkan jenis-jenis
makanan haram dengan tepat dan benar
II.
MATERI
A.
Pengertian makanan haram
B.
Jenis-jenis makanan haram
III.
METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN
A.
Metode
1.
Tanya jawab
2.
Diskusi
3.
Ceramah
B.
Strategi Pembelajaran
1.
Inquiring minds want to know
2.
Information search
3.
Card short
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/bahan/ alat
|
3 menit
|
·
Salam dan doa
|
· Tanya jawab
|
·
Absensi
·
Bolpoin
|
2 menit
|
·
Absensi
|
||
5 menit
|
·
Apersepsi
G : “Anak-anak siapa yang sudah pernah makan sate babi ?”
M : “Belum, Bu…”
G : “Semua pasti belum pernah dan tidak mungkin mau makan sate
babi. Kenapa?anak-anak ada yang tahu?”
M : “Tahu, Bu… Karena daging babi haram hukumnya”
G : “Tepat sekali. Anak-anak baiklah hari ini kita akan belajar
bersama-sama tentang makanan haram.”
|
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/bahan/ alat
|
|
4
menit
|
·
Guru membuat pertanyaan terkait makanan haram
|
· Inquiring
minds want to know
|
·
LKS
·
Buku paket Fiqih Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII, (Semarang: PT.
Karya Toha Putra, 1995), 14-26
·
Bolpoin
·
Hand out
·
Papan tulis
·
Potongan kertas
|
|
5
menit
|
·
Siswa/wi memberi jawaban
|
|
||
5
menit
3
menit
5
menit
|
·
Guru menampung jawaban yang kemudian dijadikan sebagai jembatan
apa yang akan disampaikan tentang makanan haram
|
|
||
·
Guru membuat pertanyaan tentang jenis-jenis makanan haram yang
dapat dijawab dengan mencari informasi dari hand out yang dibagikan
· Guru menunjuk
beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan tentang jenis-jenis makanan haram
|
· Information
search
|
|||
6
menit
5
menit
|
· Guru meminta
siswa untuk menjawab pertanyaan secara individual
·
Guru memberi komentar atas jawaban yang diberikan siswa tentang
jenis-jenis makanan haram
|
|||
|
||||
|
||||
6
menit
|
·
Guru mengembangkan jawaban-jawaban siswa untuk memperluas informasi
tentang jenis-jenis makanan haram
|
|
||
5
menit
|
·
Guru membagikan potongan-potongan kertas kepada siswa/wi
|
· Card short
|
||
6
menit
|
·
Siswa/wi diminta menjawab pertanyaan terkait tentang menyebutkan
contoh-contoh makanan haram
|
|
|
|
5
menit
5
menit
|
·
Siswa/ wi menempelkan jawaban mereka di papan tulis
·
Guru dan siswa secara bersama-sama mengoreksi jawaban siswa/wi tentang
makanan haram
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/bahan/ alat
|
4
menit
|
·
Refleksi
Guru bersama
dengan siswa melakukan refleksi (pengulangan) dan penguatan materi yang
dipelajari dari awal dengan menunjuk salah satu siswa untuk menjawab
pertanyaan tentang makanan haram
|
·
Tanya jawab
|
|
3 menit
|
·
Penilaian
Guru
memberikan soal dan lembar jawaban untuk dikerjakan secara individu
|
|
·
Lembar kerja evaluasi
·
LKS
|
2
menit
1
menit
|
·
RTL
Guru
memberikan pekerjaan rumah pada siswa
LKS halaman 20-28
·
Doa dan salam
|
·
Ceramah
|
|
|
|
V.
SUMBER/BAHAN ALAT/KEBUTUHAN
A.
Sumber
1.
Buku paket Fiqih Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII, Semarang: PT.
Karya Toha Putra, 1995
2.
LKS
B.
Bahan Alat
1.
Bolpoin
2.
Potongan kertas
3.
Papan tulis
VI.
PENILAIAN
A.
Tes tulis : Uraian
Objektif (Benar-Salah)
LAMPIRAN
·
Lembar Analisis KKM setiap indikator
·
Lembar instrument penilaian tes tulis : Utaian Objektif
·
Lembar Hand Out Materi
Ponorogo, 20 Juni 2012
Dosen Pembina Ttd
Pryla Rahmawati Dewi
Patimah
LAMPIRAN 1
LEMBAR ANALISIS
INDIKATOR UNTUK PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) DAN PENELITIAN
NAMA SEKOLAH : MTsN Jetis Ponorogo
MATA PELAJARAN : FIQIH
KELAS /
SEMESTER : VIII / II
(dua)
ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit
STANDART KOMPETENSI : 1. Makanan dan minuman yang halal dan
haram
KOMPETENSI
DASAR : 1.1. Makanan yang
haram KKM :
72
NOMOR INDIKATOR
|
ASPEK
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
PENILAIAN
|
SEBARAN SOAL UJIAN
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
|||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Rata-Rata
KKM
|
||||
1.
1. 1
|
Kognitif
|
70
|
70
|
75
|
71
|
Tes Tulis: Benar Salah
|
1, 2
|
1.
1. 2
|
Kognitif
|
75
|
70
|
75
|
73
|
Tes Tulis: Benar Salah
|
3, 4, 5
|
Rata-Rata Nilai KKM dari Semua Indikator
|
72
|
|
Mengetahui
Ponorogo,
20 Juni 2012
Kepala
Madrasah Anggota
MGMP
__________________ Dewi
patimah
LAMPIRAN 2
Lembar Soal Tes Tulis : Uraian Objektif
Lingkarilah B
apabila jawaban benar dan lingkarilah S apabila jawaban salah!
1.
Makanan haram adalah makanan yang boleh dimakan oleh orang islam.
( B – S )
2.
Makanan haram adalah makanan yang tidak menyehatkan bagi tubuh dan
dilarang oleh Allah swt. ( B – S )
3.
Bangkai, darah, dan daging babi adalah jenis-jenis makanan haram. (
B – S )
4.
Sate babi, sate singa adalah jenis-jenis makanan haram. (B - S )
5.
Jagung, dan kedelai adalah jenis-jenis makanan haram. ( B – S )
Kunci Jawaban Soal Tes Tulis : Uraian Objektif
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
4
5
|
S
B
S
B
S
|
2
2
2
2
2
|
Jumlah
|
10
|
Instrument
Penilaian Tes Tulis : Benar – Salah
N = Skor Perolehan x
100
Skor Maksimal
|
Contoh:
ADDITYA dalam tes tulis mendapatkan nilai 6, maka penilaiannya
adalah…
N = Skor Perolehan x 100
Skor
Maksimal
N = 6 x 100
10
N = 60
Jadi
dikarenakan nilai KKm semua indicator adalah 72 dan nilai perolehan siswa adalah
60, maka keterangannya adalah BELUM TUNTAS.
Komentar
Posting Komentar