KEUTAMAAN BULAN ZUL HIJJAH DAN IBADAH QURBAN
KEUTAMAAN BULAN ZUL HIJJAH DAN IBADAH QURBAN
Oleh : Drs. K. H. Muh. Muhsin
A. Keutamaan Puasa Dan Ibadah Malam
Pada Tanggal 1 Sampai 10 Bulan Zul Hijah :
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุนููู ุงููููุจูููู
ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู : ููุงูู ู
ูุง ู
ููู ุฃููููุงู
ู ุฃูุญูุจูู ุฅูููู ุงูููููู
ุฃููู ููุชูุนูุจููุฏู ูููู ูููููุง ู
ููู ุนูุดูุฑู ุฐูู ุงููุญูุฌููุฉู ููุนูุฏููู ุตูููุงู
ู ููููู ููููู
ู
ู
ูููููุง ุจูุตูููุงู
ู ุณูููุฉู ููููููุงู
ู ููููู ููููููุฉู ู
ูููููุง ุจูููููุงู
ู ููููููุฉู ุงููููุฏูุฑู.
(ุณูู ุงูุชุฑู
ุฐู : ุฌ 3 / ุต 225)
โDiriwayatkan dari sahabat Abi Hurairah RA, dari Nabi
SAW, beliau bersabda : Tidak ada hari-hari yang lebih disenangi oleh Allah SWT,
untuk melakukan ibadah, dibanding sepuluh hari di bulan Zul Hijjah. Puasa
sehari di hari-hari tersebut keutamannya menyamai puasa setahun; dan ibadah
setiap malam menyamai keuatamaan ibadah di Lailatul Qadarโ. (Sunan Tirmidziy
: Juz III, hal. 225).
B.
Amal
Kebajikan di Sepuluh hari pertama bulan Zul Hijjah :
ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููุงูู : ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู
ุนููููููู ููุณููููู
ู ู
ูุง ู
ููู ุฃููููุงู
ู ุงููุนูู
ููู ุงูุตููุงููุญู ูููููุง ุฃูุญูุจูู ุฅูููู ุงูููููู
ู
ููู ููุฐููู ุงููุฃููููุงู
ู ููุนูููู ุฃููููุงู
ู ุงููุนูุดูุฑู ููุงูููุง ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ููููุง
ุงููุฌูููุงุฏู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ููุงูู ููููุง ุงููุฌูููุงุฏู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ุฅููููุง
ุฑูุฌููู ุฎูุฑูุฌู ุจูููููุณููู ููู
ูุงูููู ููููู
ู ููุฑูุฌูุนู ู
ููู ุฐููููู ุจูุดูููุกู. (ุณูู ุฃุจู
ุฏุงูุฏ : ุฌ 6 / ุต 419)
โDiriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata, Rarusullah
SAW, bersabda : Tidak ada hari-hari dimana amal-amal kebajikan lebih disukai
oleh Allah SWT, dibandingkan hari-hari ini, yakni sepuluh awal bulan Zul
Hijjah. Para sahabat bertanya : Apakah tidak lebih baik Jihat di jalan Allah
wahai Rasul ? Rasulullah menjawab : Tidak lebih baik jihat di jalan Allah,
kecuali seorang laki-laki yang berangkat jihat dengan segala jiwa, raga dan
hartanya dan ia pulang dengan tidak membawa apa-apa lagi.โ (Sunan Abi Dawud
: Juz VI, hal. 419)
C.
Keutamaan
Hari Arafah, Pada tanggal 9 Zul Hijjah :
ุนููู ุงุจููู ุงููู
ูุณููููุจู ููุงูู ููุงููุชู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฅูููู ุฑูุณูููู
ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุงูู ู
ูุง ู
ููู ููููู
ู ุฃูููุซูุฑู ู
ููู ุฃููู
ููุนูุชููู ุงูููููู ููููู ุนูุจูุฏูุง ู
ููู ุงููููุงุฑู ู
ููู ููููู
ู ุนูุฑูููุฉู ููุฅูููููู ููููุฏูููู
ุซูู
ูู ููุจูุงููู ุจูููู
ู ุงููู
ูููุงุฆูููุฉู . (ุตุญูุญ ู
ุณูู
: ุฌ 7
/ ุต 70)
โDiriwayatkan dari Ibnul Musayyab, Aisyah RA,
berkata, Rasululah SAW bersabda : Tidak ada hari, dimana Allah SWT, membebaskan
hamba-Nya dari seksa neraka sebanyak hari Arofah. Sesungguhnya Allah SWT,
mendekat kepada hamba-Nya kemudian membanggakan mereka di hadapan para
Malaikatโ. (Shahih Muslim : Juz VII, hal. 70).
D. Puasa di Hari Arafah, Pada tanggal
9 Zul Hijjah :
ุนููู ุฃูุจูู ููุชูุงุฏูุฉู ุงููุฃูููุตูุงุฑูููู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู
ููุงูู ููุณูุฆููู (ุงููุจู)
ุนููู
ุตูููู
ู ููููู
ู ุนูุฑูููุฉู ููููุงูู ูููููููุฑู ุงูุณููููุฉู ุงููู
ูุงุถูููุฉู ููุงููุจูุงููููุฉู ููุงูู
ููุณูุฆููู ุนููู ุตูููู
ู ููููู
ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ููููุงูู ูููููููุฑู ุงูุณููููุฉู ุงููู
ูุงุถูููุฉู.
(ุตุญูุญ ู
ุณูู
: ุฌ 6 / ุต 56)
โDiriwayatkan dari Abi Qotadah Al-Anshoriy, ia
berkata : Rasulullah dimintai keterangan tentang puasa di hari Arafah, beliau
menjawab : Ia dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lewat dan yang akan
datang; dan beliau dimintai penjelasan tentang puasa โAsyura, beliau menjawab :
Dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lewat. (Shahih Muslim : Juz VI, hal.
56).
E.
Keutamaan
Ibadah Qurban dan Waktu Pelaksanaannya :
ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู
ููุงูู ู
ูุง ุนูู
ููู ุขุฏูู
ูููู ู
ููู ุนูู
ููู ููููู
ู ุงููููุญูุฑู ุฃูุญูุจูู ุฅูููู ุงูููููู ู
ููู
ุฅูููุฑูุงูู ุงูุฏููู
ู ุฅููููููุง ููุชูุฃูุชูู ููููู
ู ุงููููููุงู
ูุฉู ุจูููุฑููููููุง ููุฃูุดูุนูุงุฑูููุง
ููุฃูุธูููุงููููุง ููุฃูููู ุงูุฏููู
ู ููููููุนู ู
ููู ุงูููููู ุจูู
ูููุงูู ููุจููู ุฃููู ููููุนู
ู
ููู ุงููุฃูุฑูุถู ููุทููุจููุง ุจูููุง ููููุณูุง. (ุณูู ุงูุชุฑู
ุฐู : ุฌ 5 / ุต 444)
โDiriwayatkan dari Siti โAisyah RA, sesunggahnya
Rasulullah SAW, bersabda : Tidah ada amal yang dilakukan oleh anak Adam yang
lebih disukai oeh Allah SWT, di hari Nahar, dibandingkan dengan menyembelih
hewah Qurban. Sesungguhnya ia akan sampai di hari qiyamat nanti dengan
tanduknya, bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesunguhnya darah qurban telah tiba di
hadapan Allah SWT, sebelum menyentuh tanah. Oleh karena itu, maka longgarkanlah
hati kamu semua untuk melakukannya.โ (Sunan Tirmidziy : Juz V, hal. 444)
F.
Hewan
Qurban dan Bacaan Ketika Menyembelihnya :
ุนููู ุฌูุงุจูุฑู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ููุงูู ุฐูุจูุญู ุงููููุจูููู
ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููููู
ู ุงูุฐููุจูุญู ููุจูุดููููู ุฃูููุฑููููููู ุฃูู
ูููุญููููู
ู
ููุฌูุฃููููู ููููู
ููุง ููุฌููููููู
ูุง ููุงูู ุฅููููู ููุฌููููุชู ููุฌููููู ูููููุฐูู ููุทูุฑู
ุงูุณููู
ูููุงุชู ููุงููุฃูุฑูุถู ุนูููู ู
ููููุฉู ุฅูุจูุฑูุงูููู
ู ุญููููููุง ููู
ูุง ุฃูููุง ู
ููู ุงููู
ูุดูุฑูููููู
ุฅูููู ุตูููุงุชูู ููููุณูููู ููู
ูุญูููุงูู ููู
ูู
ูุงุชูู ููููููู ุฑูุจูู ุงููุนูุงููู
ูููู ููุง
ุดูุฑูููู ูููู ููุจูุฐููููู ุฃูู
ูุฑูุชู ููุฃูููุง ู
ููู ุงููู
ูุณูููู
ูููู ุงููููููู
ูู ู
ููููู ูููููู
ููุนููู ู
ูุญูู
ููุฏู ููุฃูู
ููุชููู ุจูุงุณูู
ู ุงูููููู ููุงูููููู ุฃูููุจูุฑู ุซูู
ูู ุฐูุจูุญู. (ุณูู
ุฃุจู ุฏุงูุฏ - (ุฌ 7 / ุต 458)
โDiriwayatkan dari sahabat Jabir bin Abdillah, ia
berkata : Pada hari penyembelihan Qurban, Nabi menyembelih hewan Qurban dua
domba gibas yang keduanya telah keluar tanduknya, berwarna bulunya serta mandul
keduanya. Ketia menghadapkan keduanya, beliau berdoโa : โSesungguhnya aku
hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi, atas Agama
Nabi Ibrahim yang โHanifโ, dan aku bukanlah termasuk golongan orang-orang
musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah,
Dzat yang merajai semesta alam, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan untuk hal itu
pula aku diperintahkan, dan aku termasuk golongan orang-orang yang menyerahkan
diri. Ya Allah, dari-Mu, untuk-Mu dan dari Muhammad dan ummatnya. Dengan
menyebut nama Allah. Allah Maha Besarโ. Lalu menyembelihnya.โ (Sunan
Abu Dawud : Juz VII, hal. 458)
G. Menyaksian Penyembelihan Hewan Qurban
ุนู ุนู
ุฑุงู ุจู ุญุตูู ุฑุถู ุงููู
ุนูู
ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุงูู ููููุงุทูู
ูุฉู : " ูููู
ูู
ุฅูููู ุฃูุถูุญููููุชูู ููุงุดูููุฏููููุง ููุฅูููููู ููุบูููุฑู ููู ุนูููุฏู ุฃูููููู ููุทูุฑูุฉู
ู
ููู ุฏูู
ูููุง ููููู ุฐูููุจู ุนูู
ูููุชูููู . (ุงูู
ุณุชุฏุฑู ุนูู ุงูุตุญูุญูู ููุญุงูู
: ุฌ 17 / ุต
383)
โDiriwayatkan dari sahabat Imron bin Khushain,
sesungguhnya Nabi SAW, bersabda kepada Siti Fathimah, datanglah ke
penyembelihan Qurbanmu dan saksikanlah, sesungguhnya dosamu telah diampuni,
sejak permulaan darah yang keluarโ. (Al-Mustadrok Lil Hakim : Juz XVII, hal.
383)
H. Hewan yang Dapat Digunakan Sebagai Qurban
ูุดุฑุท ุงูุชุถุญูุฉ ูุนู
: ุฅุจู ูุจูุฑ ูุบูู
ุฅูุงุซุง ูุงู ุฃู ุฎูุงุซู ุฃู ุฐููุฑุง
ููู ุฎุตูุงูุงุ ู ุดุฑุทูุง ุจููุบ ุถุฃู ุณูุฉ ุฃู ุฅุฌุฐุงุนู ู ุจููุบ ุจูุฑ ูู
ุนุฒ ุณูุชูู ูุฅุจู ุฎู
ุณุง. (ูุชุญ
ุงูููุงุจ - (ุฌ 2 / ุต 327) .
โSyarat hewan Qurban adalan hewan piaraan, yaitu : Unta, sapi dan
kambing, baik jbetina, wandu maupun jantan. Sedangkan syarat kambing telah
berumur satu tahun, sapi telah berumur dua tahun atau unta telah berumur lima
tahun. (Fathul Wahab : Juz II, hal. 327).
I.
Qurban Kambing Cukup untuk Satu Orang
(ููุตููู
ุงูุดููุงุฉู) ุชูุฌูุฒูุฆู (ุนููู ููุงุญูุฏู ููุฅููู ุฐูุจูุญูููุง ุนููููู ููุนููู ุฃููููููู ุฃููู ุนููููู
ููุฃูุดูุฑููู ุบูููุฑููู ููู ุซูููุงุจูููุง ุฌูุงุฒู). (ุฃุณูู ุงูู
ุทุงูุจ : ุฌ 6 / ุต 473)
โSeekor kambing
cukup untuk berkorban orang satu; dan apabila menyebelhnya untuk dirinya dan
untuk seluruh keluarganya atau orang yang menyertainya dalam memperoleh pahala,
maka hal demikian dianggap cukup. (Asnal
Mathalib, Juz VI, hal. 473).
J.
Qurban satu kambing dengan Pahala untuk Orang Banyak.
ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู
ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุฃูู
ูุฑู ุจูููุจูุดู ุฃูููุฑููู ููุทูุฃู ููู ุณูููุงุฏู ููููุจูุฑููู
ููู ุณูููุงุฏู ููููููุธูุฑู ููู ุณูููุงุฏู ููุฃูุชููู ุจููู ููููุถูุญูููู ุจููู ููููุงูู ููููุง
ููุง ุนูุงุฆูุดูุฉู ููููู
ููู ุงููู
ูุฏูููุฉู ุซูู
ูู ููุงูู ุงุดูุญูุฐููููุง ุจูุญูุฌูุฑู ููููุนูููุชู ุซูู
ูู
ุฃูุฎูุฐูููุง ููุฃูุฎูุฐู ุงููููุจูุดู ููุฃูุถูุฌูุนููู ุซูู
ูู ุฐูุจูุญููู ุซูู
ูู ููุงูู ุจูุงุณูู
ู ุงูููููู
ุงููููููู
ูู ุชูููุจูููู ู
ููู ู
ูุญูู
ููุฏู ููุขูู ู
ูุญูู
ููุฏู ููู
ููู ุฃูู
ููุฉู ู
ูุญูู
ููุฏู ุซูู
ูู
ุถูุญููู ุจููู. (ุตุญูุญ ู
ุณูู
: ุฌ 10 / ุต 149)
โโฆ dan beliau memegangi kambing, kemudian memiringkannya,
kemudian menyembelihnya seraya berdoโa : Yaa Allah, terimalah Qurban dari Muhammad, dari keluarga Muhammad dan
dari Ummat Muhammad, kemudian beliau menyembelihnya.โ (Shahih Muslim Juz 10, hal. 149)
K. Qurban Unta atau Sapi Cukup
untuk Tujuh Orang
ููุฑูุนู ุชูุฌูุฒูุฆู ุงููุจูุฏูููุฉู ุฃููู ุงููุจูููุฑูุฉู
ุนููู ุณูุจูุนูุฉู. (ุฃุณูู ุงูู
ุทุงูุจ : ุฌ 6 / ุต
474)
โSatu Unta atau satu Sapi cukup unt6uk digunakan qurban
sebnayak 7 orang.โ Hal ini sesuai dengan Hadits Rasulullah SAW.
ุนููู ุฌูุงุจูุฑู ุจููู
ุนูุจูุฏู ุงูููููู ููุงูู ููุญูุฑูููุง ู
ูุนู ุฑูุณูููู
ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุนูุงู
ู ุงููุญูุฏูููุจูููุฉู ุงููุจูุฏูููุฉู ุนููู
ุณูุจูุนูุฉู ููุงููุจูููุฑูุฉู ุนููู ุณูุจูุนูุฉู ( ุตุญูุญ ู
ุณูู
: ุฌ 6
/ ุต 473)
โDiriwayatkan dari sahabat Jabir, ia berkata : Kami
melakukan qurban bersama Rasulullah SAW pada tahun terjadinya pertempuran
Hudaibiyah satu Unta untuk
tujuh orang dan satu Sapi untuk tujuh orang.โ (Shahih Muslim Juz VI,
hal. 473)
L. Memakan Daging Qurban Bagi Orang
yang Berqurban
(ุงููููููุนู
ุงูุฑููุงุจูุนู ุงููุฃููููู) ู
ููู ุงููุฃูุถูุญููููุฉู ููุงููููุฏููู ุฃููู ุญูููู
ููู (ููููุง ููุฌููุฒู
ุงููุฃููููู ู
ููู ุฏูู
ู ููุฌูุจู ุจูุงููุญูุฌูู) ููููุญููููู ููุฏูู
ู ุชูู
ูุชููุนู ููููุฑูุงูู ููุฌูุจูุฑูุงูู
(ููููุง ู
ููู ุฃูุถูุญููููุฉู ุ ููููุฏููู ููุฌูุจูุง ุจูููุฐูุฑู ู
ูุฌูุงุฒูุงุฉู) ููุฃููู ุนูููููู ุงููุชูุฒูุงู
ูููู
ูุง
ุจูุดูููุงุกู ุงููู
ูุฑููุถู ููููุญููููู ุ ููุฃูููููู ุฃูุฎูุฑูุฌู ุฐููููู ุนููู ุงููููุงุฌูุจู ุนููููููู
ููููููุณู ูููู ุตูุฑููู ุดูููุกู ู
ููููู ุฅููู ููููุณููู ููู
ูุง ูููู ุฃูุฎูุฑูุฌู ุฒูููุงุชููู
(ูููููู ููุฌูุจูุง ุจูู
ูุทููููู ุงููููุฐูุฑู) ุฃููู ุจูุงููููุฐูุฑู ุงููู
ูุทููููู ุ ูููููู ุญูููู
ูุง
ุจูุฃููู ููู
ู ููุนูููููู ุงููุชูุฒูุงู
ูููุง ุจูุดูููุกู ูููููููููู : ููููููู ุนูููููู ุฃููู ุฃูุถูุญูููู
ุจูููุฐููู ุงูุดููุงุฉู ุฃููู ุจูุดูุงุฉู ุฃููู ุฃูููุฏููู ููุฐููู ุงูุดููุงุฉู ุฃููู ุดูุงุฉู ุฃููู ุฌูุนูููุชู
ููุฐููู ุฃูุถูุญููููุฉู ุฃููู ููุฏูููุง (ุฃููููู) ุฌูููุงุฒูุง (ู
ููู ุงููู
ูุนูููููู) ุงุจูุชูุฏูุงุกู
(ููุงูุชููุทููููุนู). (ุฃุณูู ุงูู
ุทุงูุจ
: ุฌ 7 / ุต 18)
โMacam ketentuan hokum yang keempat, adalah memakan
daging qurban. Tidak boleh memakan daging hewan yang disembelih untuk memenuhi
Dam yang wajib dibayar ketika ibadah haji, seperti haji tamatthuโ atau qiron;
dan tidak boleh juga memakan daging hewan qurban wajib, seperti qurban nadzar
yang kaitkan dengan keberhasilan atau perolehan sesuatu, seperti dikaitkan
dengan sembuh dari sakit dan sebagainya. Karena hokum mengeluarkannya wajib,
maka tidak boleh ikut menikmatinya, seperti seseorang yang mengeluarkan zakat.
Apabila nadzar yang dilakukan adalah mutlaq, seperti ia mengatakan : aku wajin
qurban dengan kambing ini atau kambing ini akan saya sembelih sebagai qurban,
maka bagi yang melakukannya boleh ikut memakan dagingnya, sebagaimana seseorang
yang melakukan qurban sunnah, maka ia boleh ikut memakan dagingnya. (Asnal Mathalib Juz VII, hal. 18).
M. Memakan Daging Qurban Sunnah
(ููุตููู ุงููุฃููููู
ู
ููู ุฃูุถูุญููููุฉู ุงูุชููุทููููุนู ุ ููููุฏููููู ู
ูุณูุชูุญูุจูู) ูููููููููู ุชูุนูุงููู "ูููููููุง
ู
ูููููุง ููุฃูุทูุนูู
ููุง ุงููุจูุงุฆูุณู ุงูููููููุฑู". ุฃูููู ู
ูุญูููู ุฐููููู
ุฅุฐูุง ุถูุญููู ุนููู ููููุณููู ุ ูููููู ุถูุญููู ุนููู ุบูููุฑููู ุจูุฅูุฐููููู ููู
ููููุชู ุฃูููุตูู
ุจูุฐููููู ููููููุณู ูููู. (ุฃุณูู ุงูู
ุทุงูุจ :
ุฌ 7 / ุต 20)
โIkut memakan daging qurban yang dilakukan secara
tathawwuโ (sunnah), hukumnya mustahab, berdasarkan Firman Allah, yang
terjemahnya : โฆ dan makanlah dari daging qurban tersebut dan bagikanlah untuk
makanan orang yang membutuhkan dan orang-orang fakir. Anjuran untuk ikut
memakan daging qurban tersebut, apabila seseorang melakukan qurban untuk
dirinya sendiri. Apabila ia melakukannya untuk orang lain atas ijinnya, seperti
melaksanakan wasiyat dari orang yang telah mati, maka tidak boleh ikut
memakannyaโ. (Asnal Mathalib Juz VII, hal. 20).
(ููุฑูุนู) (ููุงููุฃูุญูุณููู ููู ููุฏููู ุงูุชููุทููููุนู ููุฃูุถูุญููููุชููู
ุงูุชููุตูุฏูููู ุจูุงููุฌูู
ููุนู) ุ ููุฃูููููู ุฃูููุฑูุจู ูููุชููููููู ููุฃูุจูุนูุฏู ุนููู ุญูุธูู
ุงููููููุณู (ุฅูููุง ููููู
ูุฉู ุฃููู ููููู
ูุง ููุฃูููููููุง) ุชูุจูุฑููููุง (ููุฅูููููู) ุฃููู
ุฃูููููููุง (ุณููููุฉู) ุนูู
ูููุง ุจูุธูุงููุฑู ุงููุขููุฉู ููููููุงุชููุจูุงุนู ููู
ูุง ู
ูุฑูู ููููููุฎูุฑููุฌู
ู
ููู ุฎูููุงูู ู
ููู ุฃูููุฌูุจู ุงููุฃููููู (ููููุณูุชูุญูุจูู ุฅุฐูุง ุฃููููู ููุฃูููุฏูู ููุชูุตูุฏูููู
ุฃููู ููุง ููุฒููุฏู ุฃููููููู ุนูููู ุงูุซููููุซู). (ุฃุณูู
ุงูู
ุทุงูุจ : ุฌ 7 / ุต 22)
โYang lebih
baik, dalam qurban sunnah adalah mensedekahkan keseluruhannya, karena hal
tersebut lebih dekat dengan ketaqwaan kepada Allah SWT dan lebih jauh dari
keinginan hawa nafsu, kecuali beberapa suap dengan niat Tabarruk. Yang demikian
tersebut hukumnya sunnah, melaksanakan dzahir ayat al-Qurโan tentang hal itu;
dan mengikuti sunnah Rasul, juga keluar dari perselisihan pendapat yang
mengatakan wajibnya ikut memakan. Dan disunnahkan apabila ikut memakan,
tidaklah lebih dari sepertiganya.โ (Asnal Mathalib Juz VII, hal. 22).
N. Menjual Daging Qurban,
Merusakkannya atau Memberikannya kepada Jagal Sebagai Upah Pekerjaannya.
(ููููุญูุฑูู
ู ุงููุฅูุชูููุงูู
ููุงููุจูููุนู) ููุดูููุกู ู
ููู ุฃูุฌูุฒูุงุกู ุฃูุถูุญููููุฉู ุงูุชููุทููููุนู ุ ููููุฏููููู (ููุฅูุนูุทูุงุกู
ุงููุฌูุฒููุงุฑู ุฃูุฌูุฑูุฉู ู
ููููู) ุจููู ูููู ุนูููู ุงููู
ูุถูุญููู ููุงููู
ูููุฏูู ููู
ูุคูููุฉู
ุงููุญูุตูุงุฏู. (ุฃุณูู ุงูู
ุทุงูุจ : ุฌ 7 / ุต 21)
โHaram hukumnya
merusakkan dan menjual sesuatu dari qurban sunnah. Demikian juga memberikannya
kepada penjagal, sebagai upah pekerjaannya. Adapun upah tersebut merupakan
kwajiban dari orang yang qurban, tidak diambilkan dari hewan qurban. Kedudukan upah tersebut, sebagaimana
upah seorang tukang panin di kebun. (Asnal Mathalib Juz VII, hal. 21).
ุนููู ุนูููููู ููุงูู ุฃูู
ูุฑูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู
ุตูุนู
ุฃููู ุฃููููู
ู ุนูููู ุจูุฏููููู
ููุฃููู ุฃูุชูุตูุฏูููู ุจูููุญูู
ูููุง ููุฌููููุฏูููุง ููุฃูุฌููููุชูููุง ููุฃููู ููุง ุฃูุนูุทููู ุงููุฌูุฒููุงุฑู
ู
ูููููุง ููุงูู ููุญููู ููุนูุทูููู ู
ููู ุนูููุฏูููุง. (ุตุญูุญ ู
ุณูู
: ุฌ 6 / ุต 470)
โDiriwayatkan dari sahabat Ali, ia berkata : Aku
diperintah oleh Rasulullah SAW untuk mengelola qurban unta beliau; dan
diperintahkan untuk mensedekahkan dagingnya serta kulit-kulitnya; dan aku
dilarang memberikan sesuatu dari qurban itu kepada tukang jagal. Ali berkata :
aku memberikan kepadanya dari kepunyaanku sendiri.โ (Shahih Muslim Juz VI
hal. 470)
O. Memanfaatkan Kulit Qurban untuk
Peralatan.
(ุงููููููุนู ุงููุฎูุงู
ูุณู
ุงููุงููุชูููุงุนู) ุจูุงููู
ูุชูุนูููููู ู
ููู ุฃูุถูุญููููุฉู ุฃููู ููุฏููู (ูููููู ุงููุงููุชูููุงุนู
ุจูููุง) ู
ูุทูููููุง (ููุจูุฌูููุฏูููุง) ุฅูู ุญูููู
ูููู ุงููุฃููููู ู
ูููููุง (ููุฏููููู ููููุญููููู) ููุฎูููู ููููุนููู ููููุนููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉู.
(ุฃุณูู ุงูู
ุทุงูุจ : ุฌ 7 / ุต 27)
โRagam masalah
yang kelima adalah memanfaatkan daging qurban, maka hukumnya boleh bagi orang
yang melakukan qurban, memanfaatkan daging qurban atau kulit hewan qurban
secara mutlak, seperti dibuat tempayam atau semacamnya, dibuat sepatu atau
sandal, sebagaimana para sahabat Rasulullah dahulu melakukannya. (Asnal
Mathalib Juz VII, hal. 27).
TERIMA KASIH WALLAHU AโLAM BIS
SHOWAB
Komentar
Posting Komentar