ZAKAT FITRAH UNTUK GURU NGAJI ( PAK KYAI)
BEBERAPA MASAIL ZAKAT
A.
ZAKAT
UNTUK GURU NGAJI ( PAK KYAI)
Dalam
hal ini terdapat perincian:
a.
Tidak
boleh menerima zakat apabila tergolong orang yang mampu.
b.
Boleh
menerima zakat bagi guru ngaji yang tidak mampu yang dikarenakan waktunya habis
untuk mengajarkan ilmu, sebagaimana diterangkan dalam kitab I’anah
al-Thalibin, juz II, hal. 189.
وَاعْلَمْ أَنَّ ماَ لاَ يَمْنَعُ اْلفَقْرَ مِمَّا
تَقَدَّمَ لاَ يَمْنَعُ الْمِسْكِنَةَ أَيْضاً كَمَا مَرَّ اَلتَّنْبِيْهُ عَلَيْهِ
وَمِمَّا لاَ يَمْنَعُهُمَا أَيْضاً اِشْتِغاَلُهُ عَنْ كَسْبٍ يَحْسِنُهُ بِحِفْظِ
الْقُرْآنِ أَوْ بِالْفِقْهِ أَوْ بِالتَّفْسِيْرِ أَوِ الْحَدِيْثِ أَوْ ماَ كاَنَ
آلَةٌ لِذَلِكَ وَكاَنَ يُتَأَتَّى مِنْهُ ذَلِكَ فَيُعْطَى لِيَتَفَرَّغَ لِتَحْصِيْلِهِ
لِعُمُوْمِ نَفْعِهِ وَتَعْدِيْهِ وَكَوْنِهِ فَرْضُ كِفَايَةٍ
“Termasuk sesuatu yang tidak mencegah keduanya (status fakir dan
miskin) adalah seseorang yang meninggalkan pekerjaan yang dapat memperbaiki
ekonominya karena waktunya hanya tersita untuk menghafal al-Qur’an, memperdalam
ilmu fiqih, tafsir atau hadits, atau ia sibuk melaksanakan sesuatu yang menjadi
wasilah tercapainya ilmu tersebut. Maka orang-orang tersebut dapat diberi
zakat, agar mereka dapat melaksanakan usahanya itu secara optimal. Sebab
manfaatnya akan dirasakan serta mengena kepada masyarakat umum, disamping itu
perbuatan itu juga merupakan fardhu kifayah”. (I'anah
al-Thalibin, juz II, hal. 189)
c.
Boleh
menerima zakat meskipun kaya raya, karena guru ngaji atau kyai adalah termasuk
orang yang berjuang di jalan kebaikan, maka termasuk kriteria Fii sabilillah,
sebagaimana pendapat sebagian ulam' Fiqh.
وَنَقَلَ الْقَفَّالُ عَنْ
بَعْضِ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُمْ أَجاَزُوْا صَرْفَ الصَّدَقاَتِ إِلَى جَمِيْعِ وُجُوْهِ
الْخَيْرِ: مِنْ تَكْفِيْنِ الْمَوْتىَ وَبِناَءِ الْحُصُوْنِ وَعِمَارَةَ الْمَسْجِدِ
لِأَنَّ قَوْلُهُ تَعاَلَى فِىْ سَبِيْلِ اللهِ عاَمٌ فِى اْلكُلِّ.
"Menurut
sebagian ulama’ ahli Fiqih yang dikutip oleh al-Qoffal bahwa sesungguhnya
mereka itu memperbolehkan pentasarufan zakat untuk semua bentuk kebaikan,
seperti untuk mengkafani mayit, membangun benteng dan memperbaiki masjid,
karena firman Allah Swt. Fii sabilillah itu umum bisa mencakup semuany”. (Tafsir al-Munir, juz I, hal.344)
B.
ZAKAT
DIBERIKAN KEPADA SANTRI
Ada
perbedaan pandangan di kalangan ulama’ mengenai hal ini, sebagaimana berikut
Menurut
Imam Malik: Santri boleh menerima zakat
وَ مَذْهَبُ ماَلِكٍ أَنَّ طَلَبَةَ الْعِلْمِ اَلْمُنْهَكِّيْنَ فِيْهِ لَهُمْ اَلْأَخْذُ مِنَ الزَّكاَةِ وَلَوْ أَغْنِيَاءَ اِذَا اْنقَطَعَ حَقُّهُمْ مِنْ بَيْتِ الْمَالِ, لِأَنَّهُمْ مُجَاهِدُوْنَ
“Orang-orang yang memprioritaskan seluruh
waktunya untuk mencari ilmu, diperbolehkan menerima zakat, meskipun mereka
tergolong kaya raya. Dengan syarat mereka sudah tidak mendapatkan jatah dari
Baitul Maal. Karena sesungguhnya mereka itu termasuk golongan para pejuang”. (Hasyiah al-Shawi ‘Ala Tafsir Jalalain, hal. 53)
C.
HUKUM
ZAKAT UNTUK MASJID DAN PESANTREN DAN MADRASAH
Menurut
sebagian ulama’ ahli fiqih yang dikutip oleh Imam Qoffal, mengalokasikan harta
zakat untuk pembangunan masjid, pondok pesantren atau semacamnya, hukumnya
boleh.
وَنَقَلَ الْقَفَّالُ عَنْ بَعْضِ الْفُقَهَاءِ
أَنَّهُمْ أَجاَزُوْا صَرْفَ الصَّدَقاَتِ إِلَى جَمِيْعِ وُجُوْهِ الْخَيْرِ : مِنْ
تَكْفِيْنِ الْمَوْتىَ وَبِناَءِ الْحُصُوْنِ وَعِمَارَةَ الْمَسْجِدِ لِأَنَّ قَوْلُهُ
تَعاَلَى فِىْ سَبِيْلِ اللهِ عاَمٌ فِى اْلكُلِّ.
“Menurut sebagian ulama’ ahli Fiqih yang dikutip oleh al-Qoffal
bahwa sesungguhnya mereka itu memperbolehkan pentasarufan zakat untuk semua
bentuk kebaikan, seperti untuk mengkafani mayit, membangun benteng dan
memperbaiki masjid, karena firman Allah Swt. Fii sabilillah itu umum bisa
mencakup semuanya”. (Tafsir al-Munir, juz I, hal.344).
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.